Hal yang Tidak Lazim di FIFA 16

Thursday, January 28, 2016

Serial FIFA 16 telah dirilis pada 24 September 2015 oleh EA Sports. Untuk menilai bagaimana game keluaran terbaru ini masih terlalu dini.
Tapi dari hasil percobaan versi demo yang sudah cukup lama beredar, kita bisa membuat perkiraan bagaimana performanya di versi retail.

5. Sepak Bola Perempuan

Ini salah satu fitur baru di FIFA 16. Ada timnas-timnas perempuan yang bisa dimainkan. Fitur ini mungkin bisa menarik penggemar baru tapi bisa juga tidak terlalu berpengaruh.

Dari segi permainan tampaknya tidak ada bedanya dengan yang biasanya. Perbedaan utama paling bentuk karakter-karakternya perempuan semua sesuai dunia nyata.

4. Posisi dan Grafik Pemain Ganjil

​Jika melihat versi sebelumnya, kita berharap ada sesuatu yang lebih dari FIFA 16 di sisi grafik. Teknologi grafik makin canggih dan tampilan pemain serta sistem permainan semestinya bisa ditingkatkan.

Tapi video kompilasi di atas tidak menunjukkan hal itu. Ada posisi-posisi aneh di mana pemain berdiri 90 derajat terhadap tubuh kiper, lalu kembali tegak lurus. Ini aneh sekali.

3. Gaya Baru Untuk Kiper
​​
Gamespot, sebuah situs review yang punya reputasi bagus sempat mendokumentasikan aksi goyang punjab kiper saat tendangan penalti.

Joe Hart sedang bersiap menahan tendangan penalti Nemanja Matic. Entah kenapa kiper Inggris ini berdansa sampai keluar dari layar. Anehnya lagi, Matic menembakkan bola jauh di atas mistar gawang.

Entah karena lucu melihat ulah kiper atau apa, semua masih misteri.

2. Banyak Mitos di Dalamnya

​Seorang gamer membuat daftar mitos-mitos yang beredar serial FIFA. Ternyata di FIFA 16 terbukti benar. Misalnya, Ronaldo dan Messi bisa dimainkan dalam satu tim, setelah lima pemain mendapat kartu merah pertandingan dihentikan dengan skor 3-0, ada pemain bernama Kader di bursa transfer tapi tidak bisa dibeli.

Banyak mitos dari versi sebelumnya ternyata masih ada di demo FIFA 16. Tapi mungkin rilis resminya sudah diperbaiki.

1. Tidak Banyak Cara Baru Seperti di Iklan

​EA Sports mengaku FIFA 16 memasukkan cara-cara baru bermain sepak bola. Tapi dalam demo tidak banyak hal yang berubah, perubahan minor paling. Perubahan yang ada paling dari sisi defensif.

Pemain-pemain belakang yang dikontrol komputer lebih pintar dalam mengantisipasi gerakan lawan sampai mengejar striker. Operan bola bisa berlangsung lebih cepat tapi tidak ada jaminan penerima bola bisa mengambilnya.
​Review ini bukan berarti menilai FIFA 16 sebagai game yang buruk. Seperti seri sebelumnya, produk terbaru ini tampaknya cukup baik. Tapi kalau “cukup baik” dan performa pesaingnya keren sekali, ya, tentu saja kalah baguslah.