Fitur Baru PES 2016

Thursday, January 28, 2016

Sempat dirumorkan bakal tamat, Konami dan PES Productions akhirnya membeberkan banyak detail baru untuk Pro Evolution Soccer (PES) 2016 tepat pada tanggal 12 Juni 2015 kemarin seperti yang sudah dijanjikan. Sebelumnya, Konami sudah mengkonfirmasikan bahwa bintang sepak bola asal Brazil, Neymar akan menjadi bintang cover dalam seri ini.

Konfirmasi detail-detail baru PES 2016 ini tentunya cukup melegakan bagi para penggemar franchise game sepak bola ini. Selain memberikan improvisasi untuk beberapa fitur lama, PES Productions juga memperkenalkan beberapa fitur baru dalam game ini. Apa saja? Berikut ini adalah 10 fakta yang harus kamu tahu tentang PES 2016 ini.

1. Kini Kiper pun Punya Kepribadian Sendiri!

Bagi yang mengikuti seri PES dari tahun ke tahun pasti sudah mengenal fitur Player ID. Ya, fitur ini membuat pemain dalam PES 2016 bergerak dan memiliki kemiripan sesuai dengan pemain aslinya. Kali ini, PES Productions memberikan improvisasi untuk fitur ini dengan Goal Keeper ID.

Sesuai dengan namanya, beberapa penjaga gawang dalam game ini nantinya akan memiliki kepribadian yang berbeda satu dengan lainnya. Ada beberapa parameter yang ditambahkan dalam statistik penjaga gawang, antara lain Catching, Clearance, Collapsing dan Deflecting. Kamu bisa melihat karakteristik dari masing-masing penjaga gawang dengan melihat parameter tambahan ini, seperti melihat apakah penjaga gawang tersebut lebih mahir dalam mengeblok tendangan jarak dekat, ataukah lemah saat menghadapi bola sundulan.

2. Cuaca yang Bisa Berubah di Tengah Pertandingan!

Untuk pertama kalinya dalam serial PES, PES 2016 memiliki fitur Dynamic Weather alias cuaca yang dinamis saat pertandingan. Dengan fitur ini, cuaca bisa berubah-ubah saat pertandingan. Jadi, terkadang kamu bisa memulai pertandingan dengan cuaca cerah, lantas tiba-tiba di awal babak kedua hujan mulai turun. Kombinasi cuaca yang dinamis ini membuat PES Productions pun mengimprovisasi elemen fisika dari bola, yang dituntut untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan cuaca tersebut.

Saat hujan, kamu bisa melihat banyak “insiden” terjadi di lapangan, contohnya pemain lawan yang terpeleset karena lapangan yang licin saat menghadangmu. Fitur ini bisa kamu aktifkan baik di semua mode offline, termasuk Master League.

3. Import Gambar dalam Edit Mode

Mode Edit tentu sudah familiar bagi para pemain PES. Dan kali ini, PES Productions menyediakan fitur Import Images bagi para gamer yang memainkan versi PS4 atau PS3 dari game ini. Tujuannya? Untuk meng-edit team kit dan emblem sesuai dengan keinginanmu, termasuk penampilan sang manager dalam game! Jadi penasaran, sepresisi apakah PES Productions dalam membuat fitur ini ya?

4. Sudut Pandang Kamera yang Lebih Dinamis

PES Productions menjanjikan sudut pandang kamera yang lebih dinamis dibandingkan seri-seri sebelumnya, utamanya jika kamu menggunakan setting kamera Wide. Setting Wide membuatmu bisa melihat lapangan dan aksi-aksi yang terjadi dengan lebih leluasa. Kamera juga akan menyesuaikan dengan pergerakan bola di lapangan, sehingga menjanjikan sudut pandang terbaik selama pertandingan berlangsung.

5. Komentator Baru yang Lebih Seru!

Masih tetap akan ada nama-nama “legendaris” dalam jajaran komentator dalam game ini seperti Jim Beglin dan Jon Champion. Akan tetapi, PES Productions menggandeng beberapa komentator lagi untuk membuat suasana permainan lebih hidup, antara lain Peter Drury (bahasa Inggris) dan Marco Hagemann (bahasa Jerman).

Selain itu, variasi komentar yang diucapkan akan lebih bervariasi, terutama untuk Master League. Kali ini, kamu akan sering mendengar komentator mengomentari setiap aktivitas yang kamu lakukan, mulai dari transfer pemain, perkembangan skill pemain dan juga performa tim secara keseluruhan.

6. Animasi 3x Lebih Nyata dan Halus!

Untuk membuat pergerakan pemain lebih nyata, PES Productions menerapkan 3x Animations yang membuat kamu serasa tengah menonton pertandingan sepak bola sungguhan. Termasuk beberapa animasi baru untuk kiper yang juga ditambahkan dan diperhalus lagi.

Selain itu, ada beberapa sikap dari pemain yang akan seringkali kamu lihat, seperti pemain yang melakukan protes saat wasit tidak menghukum pelanggaran yang terjadi, atau rekan setim yang marah-marah saat kamu tidak memberinya umpan padahal lokasinya sangat menguntungkan.

7. Fox Engine yang Lebih Diimprovisasi

Banyak improvisasi yang diberikan untuk Fox Engine, termasuk dari segi visualnya. Saat hujan contohnya, kamu akan sering melihat cipratan air yang keluar saat terjadi tackling atau pemain terjatuh. Selain itu, PES Productions juga memperbaiki pencahayaan lapangan saat pertandingan berlangsung pada malam hari.

Elemen fisika untuk bola tak lupa juga kembali dihitung dengan akurat, sehingga menghadirkan pergerakan bola yang realistis. Semuanya dikalkulasi menggunakan data nyata, sehingga kamu tidak akan kembali melihat pergerakan bola yang menyimpang terlalu jauh dari sumber tendangannya.

8. Kontrol 1 vs 1 yang Lebih Leluasa

Dalam PES 2016 ini, PES Productions memperbaiki kontrol 1 vs 1 saat kamu membawa bola. Selain meningkatkan respon pemain, peningkatan ini juga akan membuatmu bisa bergerak lebih leluasa, bahkan dalam saat yang terjepit beberapa pemain lawan sekaligus. Perubahan ini termasuk beberapa gaya feint yang baru, dimana beberapa diantaranya bisa membuat pemain lawan kehilangan keseimbangan saat mengejarmu.

9. Dan Beberapa Fitur Menarik Lainnya!

Bawa Barcelona Juara, Neymar Didapuk Jadi Bintang Cover PES 2016!
Baca Juga
Selain sembilan improvisasi dan fitur baru di atas, masih ada banyak fitur menarik lagi yang disiapkan oleh PES Productions. Salah satunya adalah improvisasi kalkulasi fisika saat terjadi tumbukan antara satu pemain dengan pemain lainnya. Bahkan kali ini tumbukan di udara untuk memperebutkan bola juga diimprovisasi, dimana kamu bisa menggunakan analog kiri untuk “bertarung” sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan bola.

Selain itu, satu fitur menarik lainnya adalah Celebration Control. Ya, kini kamu bisa mengatur selebrasi apa yang ingin kamu lontarkan setelah pemain tersebut mencetak gol! Fitur ini akan muncul sesaat setelah pemain mencetak gol, dimana kamu bisa menekan tombol tertentu untuk melakukan selebrasi yang diinginkan.

10. Dan yang Paling Penting, Masih untuk Konsol dan PC!

Ya, sebelumnya sempat beredar rumor bahwa PES 2016 akan “pindah rumah” dari konsol dan PC menuju mobile. Hal ini sesuai dengan kebijakan Konami yang mulai tahun ini ingin fokus ke game-game mobile. Namun semua rumor tersebut akhirnya terbantahkan, dimana Konami sudah mengkonfirmasikan bahwa PES 2016 akan dirilis untuk PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360 dan PC.

PES 2016 ini juga akan menandai usia ke-20 franchise PES. Jadwal rilis pun juga sudah dikonfirmasikan Konami, dimana game ini akan dirilis pada tanggal 15 September 2015 untuk versi US dan 17 September 2015 untuk versi Eropa.

Dengan semakin dekatnya perhelatan E3 2015, tentu kita berharap PES Productions akan memberikan detail lebih banyak, bahkan juga demo gameplay-nya. Kita tunggu saja!